Keluarga Harmonis tanpa KDRT, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Lakukan Penyuluhan Hukum Pencegahan dan Perlindungan KDRT

  • Aug 09, 2023
  • EDI WARYONO

Penyuluhan Hukum Pencegahan dan Perlindungan KDRT di Posyandu Flamboyan

Dukuhwringin, Brebes - Dalam keharmonisan sebuah keluarga masih sering terjadi tindakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sehingga membuat berkurangnya kerharmonisan dalam sebuah keluarga. Perbuatan  tersebut dapat berakibat penderitaan atau kesengsaraan secara fisik, seksual, psikologis, atau pelantaran rumah tangga. Sejalan dengan hal tersebut sebagaimana dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT yang telah memberikan penjelasan secara eksplisit bahwa korban KDRT berhak mendapatkan perlindungan agar terhindar dari KDRT.

Menyikapi hal tersebut sebagaimana dalam rangka melaksanakan program monodisiplin Mahasiswa yang tergabung dalam TIM II KKN tahun 2022/2023 Dewa Arya Tri Bhuwana melaksanakan penyuluhan hukum terkait perlindungan hukum dan pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Program ini terlaksana pada hari jum’at tanggal 21 Juli 2023 yang  dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi secara langsung kepada ibu-ibu hamil yang bertepatan dengan kegiatan ibu-ibu hamil di posyandu. Kemudian dilaksanakan dengan memberikan leaflet yang berisikan pengertian, hak-hak korban, ruang lingkup, Dampak, Sanksi , dan tata cara pengaduan KDRT yang berguna sebagai perdoman bagi masyarakat untuk mencegah dan menambah pengetahuan terkait KDRT.

Mahasiswa Tim II KKN Undip Membagikan Leaflet Perlindungan Hukum dan Pencegahan KDRT kepada Warga

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut memiliki tujuan khusus. Tujuan tersebut tak lain adalah tercapainya Sustainable Development Goals (SDG’S) tujuan 16 yaitu Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang kuat.

Diharapkan melalui kegiatan ini, masyarakat Desa Dukuhwringin sadar akan hak-hak yang dimiliki korban KDRT sehingga tidak enggan untuk meminta tolong dan berani melapor kepada pihak yang berwenang. Lebih daripada itu, diharapkan masyarakat Desa Dukuhwringin mengjauhkan tindakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Leaflet Perlindungan Hukum dan Pencegahan KDRT

Tim II KKN Undip 2023 - Desa Dukuhwringin

#KKNUndipTimII #P2KKNUndip #LPPMUndip #Undip