Memberdayakan Pemimpin Masa Depan: Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Edukasi Anak-anak Sekolah Dasar tentang Regulasi Emosi

  • Aug 10, 2023
  • EDI WARYONO

Mahasiswa Tim II KKN Undip berfoto dengan Siswa SD Negeri 3 Dukuhwringin setelah Praktik Penggambaran Emosi

Dukuhwringin, Brebes – Sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa tim II KKN Universitas Diponegoro memprakarsai psikoedukasi yang bertujuan untuk mengedukasi anak-anak sekolah dasar mengenai regulasi emosi. Psikoedukasi tersebut diselenggarakan sebagai upaya proaktif untuk menangani maraknya masalah kenakalan remaja, memberikan wawasan dan strategi praktis untuk membantu pikiran-pikiran muda mengelola emosi mereka secara efektif.

Psikoedukasi ini diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2023, pukul 08.00 - 10.00 di SD Negeri 3 Dukuhwringin dan berfokus pada pembekalan keterampilan untuk mengidentifikasi dan mengendalikan emosi secara konstruktif serta penanaman kecerdasan emosional pada anak. Melalui kegiatan yang menarik dan pemaparan interaktif, mahasiswa tim II KKN Universitas Diponegoro menyampaikan pentingnya mengenali berbagai emosi dan memahami cara sehat untuk mengekspresikannya. Selain itu, mereka juga mengajarkan manajemen frustrasi, marah, dan stres dengan harapan agar para anak dapat menghadapi situasi-situasi tertentu yang berada di luar kendali mereka dengan mahir.

Mahasiswa Tim II KKN Undip Ajarkan Pentingnya Meregulasi Emosi

Mahasiswa tim II KKN Universitas Diponegoro menekankan bahwasanya pengaturan emosi adalah keterampilan hidup dasar yang dapat berdampak positif terhadap pengambilan keputusan, hubungan interpersonal, dan kesejahteraan secara keseluruhan. Dengan menargetkan hal ini, generasi muda diharapkan dapat menjadi individu yang tangguh secara emosional dan tidak terlalu rentan untuk terlibat dalam perilaku yang melanggar etika dan norma sosial.

Kepala sekolah dan para guru SD Negeri 3 Dukuhwringin menyatakan apresiasi mereka terhadap prakarsa ini dan mengakui bahwasanya hal tersebut dapat membuat perubahan generasional. Mereka menghargai dedikasi mahasiswa tim II KKN Universitas Diponegoro untuk pengabdian mereka terhadap masyarakat dan pendekatan inovatif mereka untuk menangani masalah kenakalan remaja yang kritis.

Psikoedukasi mengenai regulasi emosi berperan sebagai bukti kuat keterlibatan masyarakat Desa Dukuhwringin dan tindakan proaktif untuk membentuk pribadi masyarakat yang lebih baik. Dengan ini, diharapkan hal tersebut dapat berkontribusi pada penurunan tingkat kenakalan remaja dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi Desa Dukuhwringin.

Tim II KKN Undip 2023 - Desa Dukuhwringin

#KKNUndipTimII #P2KKNUndip #LPPMUndip #Undip