Ubah Sampah jadi Harta, Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Memberdayakan Desa Dukuhwringin dengan Pelatihan Manajemen Bank Sampah

  • Aug 10, 2023
  • EDI WARYONO

Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Berfoto dengan Kepala Desa dan Ibu Kepala Desa Desa Dukuhwringin di depan Bank Sampah

Dukuhwringin, Brebes – Mengambil langkah signifikan menuju pengelolaan sampah berkelanjutan, mahasiswa tim II KKN Universitas Diponegoro meluncurkan program pelatihan komprehensif yang bertujuan untuk meningkatkan praktik pengelolaan sampah di Desa Dukuhwringin. Melalui lokakarya dan sesi pendidikan, masyarakat diberdayakan dengan keterampilan serta pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengelola sampah secara efisien sembari berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

Menyadari urgensi akan pengelolaan sampah yang efektif di lingkungan Desa Dukuhwringin, tim II KKN Universitas Diponegoro telah mengambil pendekatan langsung untuk mengatasi masalah mendesak ini. Dengan visi meminimalkan sampah dan mempromosikan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle), mahasiswa mengembangkan pelatihan inovatif yang berfokus pada pendirian dan pengelolaan bank sampah. Lokakarya tersebut dilaksanakan di Balai Desa Lama Desa Dukuhwringin pada tanggal 5 Agustus 2023. Acara berlangsung mulai pukul 15:30 hingga 17:00 WIB dan dihadiri oleh perangkat desa, ketua RT dan RW setempat, serta para anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Program ini berjalan secara interaktif serta menarik karena memadukan pengetahuan teoretis dan pengalaman langsung serta mencakup berbagai topik, termasuk teknik pemilahan sampah, proses daur ulang, pengelolaan keuangan bank sampah, dan strategi keterlibatan masyarakat. Para mahasiswa telah merancang kurikulum dengan cermat yang mampu menjangkau berbagai kelompok usia dan latar belakang pendidikan. Mereka memastikan bahwa setiap orang dapat memperoleh manfaat dari program ini. Selain itu, di luar keterampilan teknis, program ini juga menekankan pentingnya menumbuhkan rasa tanggung jawab di antara warga desa.

Program pelatihan manajemen bank sampah telah menuai antusiasme dari penduduk Desa Dukuhwringin. Mereka mengakui implikasi positif bank sampah bagi lingkungan dan pertumbuhan komunitas mereka. Para perangkat desa dan warga mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas dedikasi dan pendekatan langsung para mahasiswa untuk mendorong perubahan.

Sebagai salah satu langkah proaktif menuju kelestarian lingkungan, program ini menjadi contoh cemerlang tentang bagaimana pendidikan, keterlibatan masyarakat, dan advokasi lingkungan dapat bersatu untuk mendorong perubahan positif. Dengan penduduk desa yang berwawasan lingkungan, prakarsa bank sampah dapat mengukir masa depan yang lebih sehat untuk Desa Dukuhwringin.

Tim II KKN Undip 2023 - Desa Dukuhwringin

#KKNUndipTimII #P2KKNUndip #LPPMUndip #Undip